Jarang Orang Tahu! Fakta Pohon Kelapa, Tanaman Sejuta Manfaat

Hampir semua orang tentu tahu dengan pohon yang satu ini. Salah satu jenis tumbuhan yang menghasilkan buah kelapa dan menjadi favorit sebagian besar orang. Buah kelapa ini dikenal mempunyai beragam kegunaan dan manfaat, mulai dari kesehatan tubuh sampai kecantikan. Bukan itu saja, buah kelapa juga sering dipakai sebagai bahan olahan makanan.

Dan karena manfaatnya yang banyak tumbuhan ini sering dijuluki sebagai Pohon Kehidupan atau Tree of Life. Kenapa begitu? Sebab setiap bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Berbagai macam manfaat yang dimiliki, ternyata pohon kelapa menyimpan fakta menarik yang mungkin jarang diketahui orang banyak, loh!

Baca Juga:

1. Wajah kera

Tanaman pohon ini mempunyai nama latin Cocos nucifera. Seorang ahli menyatakan, kata coconut pertama kali terdengar di Inggris pada tahun 1555. Asal kata coco sendiri dari bahasa kuno Portugis yang artinya kepala atau tengkorak. Tetapi dalam bahasa Spanyol coco artinya wajah kera.

2. Daerah asal

Tanaman ini sudah ada sejak zaman prasejarah dan juga terkenal sebagai tanaman yang tumbuh di daerah tropis.  Pohon kelapa diperkirakan berasal dari Amerika Selatan dan sudah dibudidayakan di sekitar Lembah Andes, Kolombia sejak ribuan tahun sebelum masehi. Keterangan lain menyebutkan bahwa asal pohon kelapa dari kawasan Asia Selatan.

Kemudian menyebar, baik melalui arus laut ataupun perantara manusia dari satu pantai ke pantai lainnya. Dan tanaman pohon ini sudah dikenal sejak 30 abad yang lalu di daerah peradaban tertua di dunia yakni Filipina dan Sri Langka. Jika dilihat dari hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa asal pohon kelapa dari daerah tropis dan sekitarnya.

3. Tree of life

Jenis pohon yang mempunyai berbagai manfaat bagi kehidupan, mulai dari akar, batang, daun, sampai buahnya. Selain itu, pohon kelapa juga bisa dijadikan tanaman penghijau dan pohon lindung. Menurut penelitian bahwa pohon kelapa mampu membersihkan dari pencemaran gas rumah kaca di udara. Karena itulah pohon ini dijuluki "pohon kehidupan".

4. Buah pohon kelapa merupakan bijinya

Tanaman pohon ini merupakan jenis tumbuhan angiosperma atau biji tertutup dan jenis monokotil. Buah kelapa memiliki 3 lapisan yang menutupi biji kelapa, yaitu kulit, serabut pada buah kelapa, dan batok. Karena itulah, kenapa buah kelapa disebut biji dari tanaman kelapa itu sendiri dan merupakan biji terbesar di dunia.

Pemasangan mulsa plastik menjadi solusi tepat untuk atasi pertumbuhan gulma pada lahan tanam. Butuh mulsa plastik, cek info produknya disini sekarang!

5. Mencegah berbagai penyakit

Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa bisa melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu tingkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan penyerapan gula darah dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur bisa membantu menghindari penyakit batu ginjal. Selain itu, minya dari kelapa juga bisa membantu proses pembakaran lemak pada perut. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, dengan mengonsumsi 2 sendok minyak kelapa selama 12 minggu mampu membantu menurunkan berat badan dan lingkar pinggang.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement