6 Jenis Ikan yang Baik untuk Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Dalam masa pertumbuhan, ikan adalah salah satu jenis makanan yang wajib ibu berikan untuk si kecil. Teksturnya yang lembut dan rasa yang enak, ikan juga kaya akan protein dan kandungan lain yang bermanfaat untuk perkembangan otak si kecil.

Menurut hasil penelitian terbaru, anak-anak yang makan ikan paling tidak sekali dalam seminggu, mempunyai IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak yang jarang makan ikan. Berikut ini beberapa jenis ikan yang baik untuk pertumbuhan anak.

Baca Juga:

1. Salmon

Pada 100gr ikan salmon terdapat 415 kalori, 46gr protein, dan 23gr lemak. Lain dari itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yakni kandungan yang berperan besar dalam meningkatkan intelegensi anak. Selain itu, ada kandungan nutrisi seperti zinc, zat besi, niasin, vit B12 dan vit B6 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

2. Bandeng

Bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang murah meriah tetapi kaya akan gizi. Selain kandungan kalori, protein, dan lemak, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. 

Bahkan juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantu supaya si kecil mempunyai penglihatan yang lebih baik. Tetapi, karena ikan bandeng mempunyai banyak duri, ibu bisa memasaknya dengan teknik presto jadi durinya bisa melunak.   

3. Cakalang

Ikan cakalang adalah jenis ikan dengan protein tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak saat masih dalam masa pertumbuhan. Anak yang sering mengonsumsi ikan cakalang akan berdampak positif bagi kecerdasan otaknya juga daya ingat anak meningkat. Ini karena kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya.

4. Ekor Kuning

Tak hanya protein, ikan ekor kuning juga kaya akan omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak anak. Ikan ekor kuning sangat mudah didapatkan sebab banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Pengolahannya juga mudah, tinggal digoreng dalam bentuk fillet atau dimasak secara utuh dan ditambag bumbu agar lebih gurih.

5. Tuna

Ikan tuna juga salah jenis ikan yang mempunyai kandungan omega-3 yang sangat tinggi untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Ibu bisa berikan ikan tuna pada anak sejak ia sudah bisa diberi makanan pendamping ASI supaya perkembangan otaknya lebih optimal. Ikan ini juga memiliki nutrisi esensial seperti DHA, fosfor, kalium, magnesium, dan vit B6.

Punya lahan budidaya ikan/tanaman dan butuh perlengkapannya? Hanya di Lim Corporation tempatnya! Info produk cek disini sekarang

6. Kembung

Tak hanya mempunyai rasa yang enak, ikan ini mudah ditemukan di mana saja dan harganya ekonomis serta kaya akan nutrisi seperti DHA dan Omega 3. Pada 1 ons ikan kembung terdapat sekitar 2,6gr omega 3. Jika si kecil berusia di bawah 6 tahun, berikanlah ikan kembung sebanyak 3-5 ons per minggunya, supaya si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement